Tuesday, October 4, 2011

Tips Selling di Pertemuan Lanjutan

Minggu, 01 Agustus 2010 18:00 WIB
Oleh: Natalina B

(vibizmanagement – Sales & Marketing) – Pada umumnya, salesperson tidak melakukan closing langsung pada pertemuan pertama dengan klien, melainkan pertemuan kedua atau selanjutnya. Oleh karena itu, seorang salesperson juga harus mempersiapkan pertemuan lanjutan ini dengan sebaik mungkin, supaya closing bisa terjadi.

Setelah pertemuan presentasi dengan klien dan mereka menyatakan tertarik, namun masih menunggu pertemuan ke dua, maka biasanya pertemuan kedua lebih membahas kepada detil penawaran yang telah mereka minati. Kemungkinannya besar bahwa salesperson bisa membuat closing.

Namun, peluang tersebut bisa saja kandas ketika pada pertemuan berikutnya tidak dipersiapkan dengan baik. Bentuk penawaran haruslah dibuat sejelas mungkin, sehingga tidak perlu lagi berisi hal-hal yang sudah pernah disampaikan sebelumnya. Point penting yang harus disampaikan justru kepada benefit dan harga dari produk/jasa yang telah mereka minati.

Disini harga pun harus dibuat sebanding dengan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh.klien. Semakin banyak keuntungan yang diberikan maka semakin harga dapat bermain, dan sebaliknya semakin sedikit keuntungan yang akan diperoleh klen maka harga pun lebih murah. Oleh karena itu tampilkan segala keuntungan yang bisa perusahaan Anda berikan, disini juga perlu kreativitas sehingga bisa saja dari satu keuntungan maka jika digali akan lebih banyak lagi keuntungan didalamnya. Hal ini yang harus Anda jabarkan, karena klien kemungkinan besar hanya menerima apa yang tertera dalam penawaran.

Pertemuan kedua diupayakan supaya klien nanti merasa yakin bahwa produk/ jasa yang Anda tawarkan sangat bagus sehingga klien mau membayar dengan harga berapapun. Sayang sekali tentunya jika klien memiliki daya beli yang tinggi, namun karena sales person memberikan penawaran seadanya akhirnya klien hanya mengambil yang paling murah.

Semoga sukses!

NT/RP/vbm

No comments:

Post a Comment